Gubernur Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Kamis (5/11) lalu mengajak Pemkab Blora membuka komunikasi secara mudah dengan rakyat. (foto: am-sm) |
Seperti
yang disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Kamis
(5/11) lalu. Gubernur Jawa Tengah ini mengajak seluruh jajaran Pemerintah
Kabupaten Blora untuk sungguh-sungguh melayani rakyat.
“Zaman
semakin modern, komunikasi harus semakin terbuka. Misalnya dengan memanfaatkan
media sosial kita sekarang bisa ngobrol dengan rakyat tanpa harus bertatap
muka. Rakyat itu sebenarnya ingin berkeluh kesah dengan pemimpinnya, tetapi
terkadang pemimpinnya yang susah diajak komunikasi,” kata Ganjar saat berdialog
dengan semua kades/lurah, camat dan jajaran SKPD Pemkab Blora di Pendopo
Kabupaten.
“Saya
saja setiap hari menyempatkan diri untuk membuka twitter hanya untuk menanggapi
semua laporan, tuntutan dan keluh kesah rakyat Jawa Tengah yang telah
mempercayakan saya sebagai pemimpinnya. Meskipun kemarin saat Pilgub saya kalah
di Blora, bukan berarti saya tidak melayani warga Blora,” seloroh Ganjar sambil
tersenyum.
Ia
mengajak para kepala daerah baik Bupati, Wakil Bupati dan semua dinas SKPD
untuk memiliki sebuah kanal informasi baik website, media sosial ataupun
lainnya agar rakyat bisa puas terlayani. “Jangan bikin rakyat enek dengan sikap
pemerintah yang cuek. Tanggapi semua laporan yang masuk, berilah respon.
Walaupun jika laporan itu belum bisa dijawab, paling tidak sudah direspon saja
rakyatmu sudah senang. Kesel iku nikmate nglayani rakyat lho..,”
pungkas Ganjar.
Sementara
itu berdasarkan pengamatan, hingga saat ini memang sudah ada beberapa SKPD di
Blora yang memanfaatkan media sosial untuk melayani laporan masyarakat. Seperti
halnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora
melalui twitter @Dukcapil_Blora kantor yang melayani pembuatan
administrasi kependudukan ini bisa cepat menanggapi pertanyaan warga tentang
pembuatan akta kelahiran, KK, e-KTP dll.
Begitu
juga dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora melalui
akun twitternya @BPBDblora sering berbagi kegiatan dan
informasi tentang kebencanaan yang sedang terjadi di wilayah Blora.
Dengan semakin banyaknya para pejabat dan SKPD yang bisa menjalin komunikasi kepada rakyatnya, diharapkan pemerintahan akan berjalan lebih baik. Rakyat pun akan merasa puas dan terlayani semua permasalahannya. (tio-infoblora).
Dengan semakin banyaknya para pejabat dan SKPD yang bisa menjalin komunikasi kepada rakyatnya, diharapkan pemerintahan akan berjalan lebih baik. Rakyat pun akan merasa puas dan terlayani semua permasalahannya. (tio-infoblora).
0 komentar:
Posting Komentar